Apa Itu Brand? Pengertian, Fungsi, dan Pentingnya bagi Bisnis

apa itu brand brand adalah canva hardbox

Written By Almer

Almer adalah seseorang yang memiliki pemahaman baik dibidang packaging, hardbox, softbox, branding, marketing, dan bisnis.

October 14, 2025

Kalau Anda mendengar istilah dalam marketing seperti Brand, mungkin akan langsung terpikir tentang produk, logo, atau desain kemasan unik dan khas dari perusahaan tertentu.

Itu wajar, karena banyak orang juga yang masih mengartikan brand sebagai tagline seperti nike dengan “Just Do It” dan Apple yang bersuara “Think Different”nya.

Tapi sebenarnya, arti dari brand lebih dari sekedar logo, kemasan, ciri khas atau pun tagline. Saat ini dalam dunia bisnis khususnya marketing, brand sudah menjadi sebuah identitas yang menyeluruh dan cerminan dari nilai serta reputasi bahkan kepribadian perusahaan.

Menarik ? Jika Anda tertarik dan ingin tahu lebih dalam soal brand, maka akan hardbox paparkan lebih lanjut segala hal tentang brand yang perlu kamu tahu.

Apa Itu Brand

Kita bisa mulai dari yang sederhana dulu dengan membayangkan kalau brand adalah sebuah simbol yang diberikan kepada produk, perusahaan atau bahkan layanan untuk membedakannya dari kompetitor.

Kalau kita tarik ke belakang, sebenarnya brand dan merek itu tidak ada bedanya. Pada awalnya para peternak membutuhkan tanda khusus untuk mebedakan hewan ternak mereka dari peternak lain, maka pembeda itu disebut brand.

Namun, seiring berkembangnya dunia pemasaran brand pun akhirnya mulai mengalami pergeseran makna.

Kalau Anda merujuk ke seorang profesor marketing bernama Philip Kotler, dia akan menjelaskan bahwa brand adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol, desain, dan bahkan kombinasi dari berbagai hal untuk membentuk sebuah ciri khas, serta identitas bagi barang atau jasa dan jadi pembeda dari para pesaingnya.

Artinya brand bukan hanya sekedar penanda visual, tapi sudah jadi sebuah persepsi dan pengalaman yang dibangun di benak konsumen.

Jadi seiring berjalannya waktupun, arti dari brand sedikit demi sedikit mulai berubah dan berkembang.

Evolusi Makna Brand

Ada seseorang bernama David Ogilvy. Pada akhir abad ke-20 dia menyebut bahwa brand adalah kumpulan atribut berwujud dan tidak berwujud yang melekat di suatu produk.

Dari sini, banyak orang mulai menganggap kalau brand sudah bukan lagi soal fisik tapi juga mencakup emosi, karakter, dan nilai bahkan kedekatan yang dirasakan konsumen.

Kita bisa mengambil contoh untuk Anda. Jika kita bilang Apple maka Anda mungkin akan langsung terbayang desain yang elegan, teknologi tinggi, pengalaman mahal dan semisalnya.

Padahal semua itu hanya dari citra Apple sendiri saja dan faktanya para pengguna Apple pun ada saja yang tidak sepenuhnya faham dimana letak inovasi dan kecanggihan Apple sebenarnya. Tapi mereka tetap meresa Apple yang mereka pakai itu canggih dan inovatif.

Dari sini kita bisa simpulkan, kalau brand adalah soal persepsi yang hidup di benak konsumen dan menentukan bagaimana mereka melihat produk atau perusahaan kita.

Fungsi Brand Untuk Bisnis

Kita sudah bahas di atas apa itu brand dan kesimpulannya brand saat ini adalah lebih kepada pembentukan persepsi di benak konsumen terhadap produk atau perusahaan kita.

Jadi Anda pun pastinya sudah mulai sadar seberapa pentingnya brand untuk bisnis. Maka dari itu langsung saja berikut ini beberapa fungsi brand untuk bisnis.

1. Sebagai Indetitas dan Pembeda

Fungsi paling mendasar dari brand itu sebagai identitas dan pembeda. Seperti misalnya logo, warna, dan nama dari sebauh brand bisa membantu konsumen Anda untuk mengenali produk di tengah para kompetitor.

2. Penjamin Kualitas

Kalau persepsi sudah bagus terbentuk di benak konsumen, maka mereka pun tidak akan bertanya-tanya lagi soal produk kita. Cukup lihat tanda bahwa produk ini dari brand kita, mereka akan langsung yakin bahwa kualitasnya terjamin.

3. Alat Komunikasi

Ternyata bukan hanya Customer Service yang harus berkomunikasi dengan konsumen, tapi brand juga. Dengan memperhatikan tone voice, gaya bahasa, pesan yang disampaikan secara berkala kepada konsumen, mereka akan merasakan diperhatikan, dipedulikan, dan dibutuhkan.

4. Menciptakan Nilai dan Loyalitas

Anda pernah melihat seseorang yang setia pada brand handphone tertentu dan tidak ingin mengganti ke yang lain. Itulah yang terjadi jika komunikasi brand ke konsumen terjalin dengan baik. Sehingga menciptakan nilai yang tak tergantikan dan loyalitas yang kuat.

5. Meningkatkan Daya Saing

Jika Brand yang terbentuk sudah bagus, komunikasi sudah intens, dan loyalitas sudah kuat. Maka persaingan akan menjadi lebih kecil karena target pasar kita sudah menjadi komunitas yang solid.

Elemen-Elemen Dalam Brand

Dari ke lima fungsi brand dalam bisnis di atas, semua itu tidak akan berjalan jika Anda tidak memperhatikan lima elemen dalam brand.

Berikut adalah lima elemen penting dalam brand:

1. Brand Compass

Brand Compass itu isinya seperti visi, misi, tujuan, goals, dan semacamnya. Elemen ini akan menjadi kompas arah kemana perusahaan atau produk kamu akan berjalan.

2. Brand Archetype

Untuk Brand Archetype bisa kita sebut sebagai kepribadian dari sebuah brand. Ada banyak jenis kepribadian dari Brand Archetype ini dan Anda bisa memilih dua dari semuanya.

3. Brand Personality

Selanjutnya ialah Brand Personality. Elemen ini lebih mengarah pada bagaimana brand Anda ingin dipandang, apakah seperti Tokopedia yang terbuka untuk semua orang. Atau seperti Chanel yang memberi kesan premium dan ekslusif.

4. Brand Promise

Sesuai namanya, elemen ini memberikan janji kepada konsumennya dan kita pun sebagai pemilik brand harus bertekad untuk mewujudkan janji tersebut.

5. Competitive Advantage

Ke lima adalah Competitive Advantage. Ini adalah keunggulan yang membuat produk atau perusahaan Anda berbeda dari yang lain.

Ada lagi hal penting dalam branding seperti Brand Positioning yang akan sangat bermanfaat jika Anda menerapkannya dalam perusahaan.

Itulah penjelasan singkat mengenai makna dari apa itu brand. Kita sekarang tahu bahwa pada awalnya brand itu sama saja dengan merek. Sampai akhirnya muncul orang bernama David Ogilvy dan mulailah arah pengertian brand berubah dari yang awalnya pembeda produk jadi persepsi di benak komsumen.

Selain memahami soal brand, penting juga untuk kita belajar soal segmentasi pasar dan analisis kompetitor agar bisa bersaing lebih baik lagi di pasar.

Jika Anda ingin mulai membangun brand, bisa juga memulainya dari kemasan yang premium dan isitimewa seperti hardbox.

Anda pun bisa memesan kemasan premium mulai dari hardbox, softbox, paper bag, dan bahkan wooden box di hardbox.co.id dan disini Anda akan mendapatkan pelayanan gratis konsultasi dan desain.

In Article Box
order packaging disini hardbox.co.id

Artikel Lainnya

Rekomendasi Vendor Box Hampers Lebaran Terpercaya

Rekomendasi Vendor Box Hampers Lebaran Terpercaya

Ada banyak vendor box hampers lebaran, namun hanya beberapa yang bisa memberikan garansi, tepat waktu, dan kualitas premium. Ditambah lagi lebaran adalah hari yang spesial, jadi hampersnya pun harus isitimewa bukan hanya dari isi tapi juga desain. Maka dari itu, di...

10 Ide Rekomendasi Kue Lebaran Untuk Keluarga dan Jualan

10 Ide Rekomendasi Kue Lebaran Untuk Keluarga dan Jualan

Kue lebaran populer di Indonesia meliputi kue kering klasik yang rasanya renyah serta bentuk yang beraneka ragam. Untuk Anda yang ingin mempersiapkan lebaran dengan berjualan atau sekedar membuat untuk keluarga. Maka ini adalah sepuluh rekomendasi kue lebaran yang...

6 Ide Kegiatan Tahun Baru Untuk Keluarga dan Teman

6 Ide Kegiatan Tahun Baru Untuk Keluarga dan Teman

Kegiatan tahun baru seperti bakar-bakar dan bermain bersama biasanya melibatkan orang-orang berharga, namun kadang ada juga yang masih bingung harus melakukan apa saja. Maka dari itu di bawah ini ada enam ide kegiatan tahun baru untuk Anda yang bisa dijadikan...