Dunia e-commerce saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pastinya bagi orang-orang yang berkecimpung dalam bisnis online ini merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan, disamping ia juga sekaligus menuntut persaingan yang sangat ketat. Menyadari perkembangan jualan online ini, maka setiap pelaku bisnis online perlu memahami strategi jualan online . Jika kamu berhasil menguasai strategi ini dengan baik, kamu pasti bisa mengambil keuntungan yang besar dari peluang ini.
Hal paling utama yang harus kamu pahami agar jualan onlinemu laris manis ialah pahami bahwa bersamaan dengan majunya dunia e-commerce saat ini, maka permintaan pelanggan terhadap solusi pemenuhan produk, pengemasan produk, pengiriman produk, serta ekspetasi untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang berkesan positif saat ini juga ikut berkembang. Jika kamu ingin agar bisnis onlinemu ikut berkembang maka kamu perlu memajukan semua sisi tersebut. Terlebih lagi jika kamu ingin bisnismu bertahan sangat lama, paling tidak kamu harus berada paling depan di antara semua pesaingmu. Di sini inovasi harus terus kamu mainkan. Terkhusus dalam hal pengemasan produk (packaging), kamu harus memastikan produk kamu dikemas dengan baik sehingga menarik dan memuaskan hati pembeli.
Packaging merupakan salah satu strategi jualan yang sangat penting, bahkan sangat mendasar. Alasannya karena packaging dapat menciptakan brand image yang positif di mata pelanggan. Perlu kamu perhatikan juga bahwa packaging yang memuat informasi relevan seputar kualitas produk akan menciptakan kepercayaan konsumen terhadap brand yang kamu miliki. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk mengabaikan hal ini.
Tapi kamu tidak perlu khawatir, di sini akan kita jelaskan strategi jualan online yang cukup ampuh dengan tidak hanya mengandalkan packaging, melainkan juga memperhatikan kualitas produk dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.
Beberapa strategi jualan online yang ampuh menaikkan branding dan pendapatanmu kami ringkas dalam poin-poin berikut:
- Siapkan produk yang berkualitas
- Lakukan riset pasar
- Tentukan target pasar
- Ekspansi ke marketplace
- Ekspansi ke media sosial
- Iklan online
- Berikan pelayanan terbaik
Baiklah, biar kamu enggak penasaran lagi, langsung saja kita simak poin per poinnya.
1. Siapkan Produk Berkualitas
Ada banyak alasan mengapa kualitas produk sangat penting. Di antaranya ialah, pertama, kualitas produk diperlukan untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan. Ingatlah bahwa bisnis dapat dipastikan tidak akan berhasil jika tidak mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Jika kamu berhasil mendapatkan kepercayaan dan loyaliltas pelanggan, kamu punya banyak pilihan dalam menentukan keputusan berkaitan dengan kemajuan bisnismu. Misalnya saat kamu mengambil keputusan untuk menaikkan harga, pelangganmu tetap akan setia karena percaya terhadap kualitas produkmu.
Kedua, produk yang berkualitas akan mengundang rekomendasi orang-orang. Pasalnya, siapa sih yang tidak mau mendapatkan barang yang bagus? Semua orang pasti mendambakannya. Inilah nilai positif saat kamu mempertahankan kualitas produkmu, orang-orang kemungkinan besar akan merekomendasikan produkmu kepada orang-orang terdekatnya karena mereka mendapatkan kesan yang positif dari kualitas produkmu.
Ketiga, meminimalisasi tingkat keluhan dan return (pengembalian) barang. Saat kesempurnaan sudah kamu usahakan dalam menghasilkan produk dan pelanggan merasa puas, itu artinya kamu sudah mendapatkan untung banyak karena keluhan terhadap produk dan tingkat pengembalian barang semakin berkurang.
Dan keempat, ingatlah bahwa masyarakat peduli terhadap estetika. Estetika di sini adalah bagaimana suatu produk terlihat, terdengar, terasa, dan tercium. Mulai dari warna, bentuk, tekstur, cetakan, dan fitur-fitur lainnya. Perhatikanlah bahwa pelanggan memperhatikan detail-detail estetika. Di sini pulalah kamu dapat mengandalkan nilai pembeda dari produk yang kamu miliki.
Tip khusus tambahan, untuk memaksimalkan estetika ini, salah satunya bisa kamu lakukan dengan membuat packaging yang baik. Penasaran? Mari kita perhatikan hal-hal penting tentang packaging ini.
– Material Pembuatan
Sebelum menentukan packaging, kamu perlu memperhatikan material packaging itu sendiri. Beberapa material packaging yang bagus biasanya dibuat dengan bahan corrugated, duplex, kraft, ivory, dan art paper. Bahan corrugated dikenal bisa menahan beban yang berat dan awet. Sedangkan jika kamu mencari versi yang lebih terjangkau tapi kekuatannya tidak kalah bagus dari corrugated, kamu bisa memilih bahan duplex. Adapun bahan kraft cocok untuk kamu yang suka dengan tampilan bertema sederhana namun tetap rapi, hal ini karena bahan kraft sangat natural look dan ramah lingkungan. Selanjutnya bahan ivory digunakan untuk kamu yang menginginkan packaging yang eksklusif dan elegan. Tampilan ivory sangat bersih, bertekstur matte, dan glossy sehingga dapat menambah kesan elegan brandmu. Sedangkan bahan art paper terkenal kokoh hingga ketebalannya tersedia sampai 400 gr. Bahan ini juga lebih mudah diaplikasikan dalam logo dan gambar dengan hasil yang memukau.
– Packaging yang menarik
Di antara fungsi packaging adalah menjadi strategi marketing produk dan media komunikasi antara brand dengan konsumen. Sebuah packaging yang menarik dan informatif berpotensi tinggi untuk dipromosikan. Sekaligus di dalamnya ada identitas brand, nilai brand, dan informasi produk kepada konsumen. Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa packaging yang menarik dapat menaikkan penjualan. Karena itulah kamu perlu memastikan packaging produkmu menghasilkan tampilan yang semenarik mungkin.
– Packaging hardbox
Salah satu jenis packaging yang bisa membuat tampilan produkmu semakin berkualitas adalah menggunakan jenis packaging hardbox. Hardbox dikenal juga dengan rigid box karena sifatnya yang tahan lama. Biasanya digunakan sebagai kemasan hampers dan berbagai kemasan produk lainnya.



– Packaging softbox



Selain jenis hardbox, kamu juga bisa memilih jenis softbox untuk mengemas produkmu agar terlihat cantik. Kemasan softbox memang memiliki kelebihan pada estetika, menciptakan kesan mewah, dan bernuansa premium.
2. Lakukan Riset Pasar
Setelah memastikan produkmu memiliki kualitas dari segi isi dan kemasannya, selanjutnya kamu perlu melakukan riset pasar. Secara sederhana, riset pasar ialah proses mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis segala informasi tentang pasar, produk, dan layanan yang hendak kamu tawarkan untuk dijual di pasar. Hal ini berguna untuk mempersiapkan kelengkapan apa saja yang diperlukan dan kekurangan apa saja yang perlu diantisipasi.
3. Tentukan Target Pasar
Dari hasil riset pasar yang kamu lakukan, tentunya kamu akan menemukan gambaran tentang target pasar yang akan kamu tuju. Target pasar adalah kumpulan konsumen yang disasar untuk pembelian produk yang ditawarkan. Karena target pasar ini merupakan bagian yang sangat fundamental dan wajib diketahui setiap pelaku bisnis, kamu tidak boleh salah menentukan target pasarmu.
4. Ekspansi Ke Marketplace
Karena dari awal tujuanmu adalah sukses melakukan strategi jualan online , maka tidak mungkin kamu melewatkan bagian ini. Ekspansi ke marketplace itu semacam bonus tambahan dari target pasar yang kamu tuju. Setiap target pasar pada masa kini rata-rata juga berada di marketplace. Maksudnya, setiap konsumen di zaman teknologi ini rata-rata merupakan pengguna marketplace. Tentunya ekspansi yang kamu lakukan juga harus masuk akal dan terukur.
5. Ekspansi Ke Media Sosial
Istilah populer yang mirip dengan ekspansi sosial media ini ialah social media marketing. Hampir sama pentingnya dengan ekspansi ke marketplace, ekspansi ke media sosial perlu dipersiapkan dengan matang karena media sosial di zaman digital ini hampir menjadi alat branding produk paling utama. Media sosial merupakan batu loncatan agar jualan onlinemu melambung tinggi. Dalam berekspansi ke media sosial juga perlu strategi efektif agar kamu tidak kewalahan dalam menanganinya.
6. Iklan Online
Hal lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai strategi jualan online yang cukup masif adalah memasang iklan online. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memasang iklan online. Seperti menjangkau target yang lebih spesifik, biaya yang efisien dibandingkan iklan konvensional, jangkauan yang global, memperluas brand awareness, meningkatkan kreativitas/inovasi tanpa batas, dan masih banyak lagi.
7. Berikan Pelayanan yang Baik
Bagian ini semestinya tidak asing lagi. Pelayanan yang baik akan meningkatkan penerimaan dan kepuasan dari pelanggan. Ini berlaku dalam bidang bisnis apa pun. Ada begitu banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan memberikan pelayanan yang baik. Sebaliknya, pelayanan yang buruk hanya akan merugikan bisnismu sendiri. Di antara manfaatnya seperti mempertahankan loyalitas pelanggan, meningkatkan kebahagiaan karyawan, membangun budaya hingga reputasi menguat, menjadi referensi dan rekomendasi pelanggan, dan masih banyak lagi.
Kesimpulan dan Penutup
Itulah strategi jualan online yang dapat kamu lakukan agar produkmu laris manis. Dari semua strategi di atas, hal paling mendasar ialah bagaimana kamu bisa meningkatkan kualitas produkmu dari segi isi dan kemasannya. Sedangkan strategi-strategi setelahnya dapat kamu lakukan setelah kamu bisa memastikan kualitas yang kamu tawarkan bukan kualitas yang kaleng-kaleng. Karena itu, pertama-tama kamu perlu menekankan pada kualitas. Khususnya, untuk kualitas kemasan produk yang baik, kamu tidak perlu bingung mencarinya. Kamu bisa menggunakan jasa produk custom packaging dari hardbox.co.id. Bahan material packaging yang digunakan oleh hardbox.co.id ini menggunakan bahan-bahan pilihan, selain dibuat juga dengan desain yang apik. Karena itu, kemasan produk yang kamu pesan di sini sudah pasti terlihat estetik.
Editor : Dodi Insan Kamil